You are currently viewing Anjuran Bersedekah dari Rasulullah Saw
Sedekah

Anjuran Bersedekah dari Rasulullah Saw

Kehidupan manusia tentu berbeda dengan kehidupan makhluk lainnya. Kehidupan manusia identik dengan bersosial. Artinya, manusia adalah makhluk yang bisa hidup dengan saling berinteraksi dengan yang lainnya.

Di tengah masyarakat, tentu kita juga perlu untuk memperhatikan yang lainnya. Dengan begitu, kita tak akan melihat kesengsaraan yang meliputi mereka. Sebab, masing-masing kita saling membantu dan mengisi kekosongan.

Jika kita bisa mewujudkan hal di atas, tentu menjadi pemandangan yang sangat indah, bukan?
Iya, salah satu bentuk kepedulian kita terhadap orang lain, ialah dengan mengeluarkan sebagian harta kita untuk orang lain.

Hal itu, di dalam Islam disebutnya bersedekah atau berinfak. Tentunya, salah satu tujuannya adalah mengangkat derajat seseorang yang lemah dari sisi ekonomi. Terkait hal ini, Nabi Saw. dalam hadisnya bersabda,

Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

Di samping itu, kucuran pahala bersedekah juga bakal menghujani pelakunya. Artinya, saat kita bersedekah untuk orang lain, maka Allah pun akan memberikan ganjaran kepada kita, sebagaimana firman-Nya ini.

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (QS Al-Baqarah 2:261).

Jadi, masih malas untuk bersedekah?

Leave a Reply